only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SoftSkill Kepariwisataan Bagian ke-II



TOUR AND TRAVEL AGENCY

Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri dimana dulu saya pernah bekerja di salah satu Travel Agency di Jakarta Selatan (maaf nama travel saya tidak sebutkan). Saya memulai pekerjaan itu pada bulan Desember 2011 dengan jabatan Ticketing Staff yang tugasnya melayani pelanggan yang membutuhkan tiket pesawat maupun informasi tentang paket haji dan umroh serta paket wisata domestic maupun internasional. Travel itu berdiri dari bulan oktober tahun 2010 ,konsep dari travel ini sendiri ialah lebih mengutamakan kepada system waralaba atau yang sering kita kenal dengan Franchise dimana mereka menawarkan tiga paket usaha diantaranya yaitu :
1.      Paket Silver, yaitu paket usaha Franchise dengan investasi yang sangat murah yaitu kisaran Rp.1 juta dimana mitra akan di ajarkan bagaimana caranya untuk memulai usaha di bidang travel dan biasanya paket ini anggotanya banyak terdiri dari mahasiswa , ibu rumah tangga ataupun karyawan.
2.      Paket Gold, yaitu paket usaha Franchise dengan investasi sebesar Rp.25 juta untuk para pengusaha ekslusif ini sangat cocok.
3.      Paket Platinum, ini adalah paket Franchise dimana yang banyak mengambil adalah para pengusaha yang memiliki modal lebih karena investasinya sebesar Rp.75 juta.
Tour and Travel agency ini sudah memiliki banyak  mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan telah bekerja sama dengan tujuh maskapai Indonesia yaitu : Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Batavia Air, Merpati Air, Sriwijaya dan Express Air serta beberapa hotel di seluruh Indonesia. Di setiap bulannya  Travel ini mengadakan event Franchise ke luar kota dan biasanya saya diikutsertakan di event ini sebagai pemberi arahan kepada calon mitra travel.
Pada waktu itu saya sedang ditugaskan di Kediri Jawa Timur karena ada acara event, selain pemilik travelnya hanya saya beserta rekan kerja saya yang ikut dalam event itu sungguh pengalaman yang tidak dapat di lupakan karena saya bisa kerja sekaligus jalan-jalan dan event itu berada di Mall Sri Ratu Kediri.Pada waktu itu kami menginap di salah satu hotel di Kediri yaitu hotel Bismo yang beralamatkan di Jl.Panglima Sudirman Kompleks Alun-alun Kota Kediri yang dekat dengan pusat jajanan kaki lima, pusat perbelanjaan Dhoho Plaza dan Dhoho Square serta masjid Raya kota Kediri. Hotel dengan pelayanan ramah dan juga cukup bersih menurut saya dengan harga yang terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah. Harga kamar ditawarkan sebagai berikut :
Standard B 10  rooms Rp.  80.000
Standard A 10 rooms Rp.110.000
VIP Room  5 rooms Rp.140.000
Family 8 rooms Rp.185.000

Saat itu kamar yang saya tempati adalah type double dengan dua tempat tidur yang besar yang dilengkapi dengan TV, AC, dan kamar mandi yang cukup besar dengan Bathubnya. Hotel ini menyediakan sarapan pagi gratis kepada setiap pelanggan yang menginap, suasana asri diluar hotel menjadikan hotel ini menjadi lebih tenang. Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan ingin keluar mencari makanan karena tepat di depan hotel ini terdapat para pernjual makanan khas kota Kediri salah satunya yaitu nasi pecel kesukaan saya karena murah dan enak apalagi jika kita menikmatinya di kota alun-alun Kediri tambah lagi suasana Jawa Timur yang sangat damai sungguh menyentuh hati. Memang kurang rasanya kalau kita berada di kota Kediri tapi tidak berjalan-jalan sekitarnya, karena pada waktu itu saya sedang tugas kerjaa maka saya hanya bisa menikmati suasana hotel, makanan dan alun-alun kota Kediri saja tapi itu sudah lebih dari cukup untuk saya, tiga hari dua malam saya berada di Kediri dan setiap malam saya beserta rekan kerja saya selalu menyempatkan diri untuk makan “Nasi Pecel” disekitar pinggiran jalan menuju hotel setelah kami selesai kerja,menurut saya  keramahan orang-orang Kediri sangatlah membuat para pelancong domestik nyaman dan ingin kembali berkunjung kesana. Sekian cerita saya tentang Tour and Travel dan juga pengalaman saya di Kediri terimakasih.


Nama              : Juju Jumaroh
Npm                : 13612984
Kelas               : 1SA03
Tugas              : Softskill Kepariwisataan
Dosen              : Mr. Hawasi 




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar