only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PULANG


Sebuah novel Pulang buah karya Leila S Chudori ini menggugahku untuk menuliskan kembali apa saja yang ada didalamnya, novel yang membuatku seharian penasaran akan isi dari cerita di  dalamnya ini berhasil membuatku terpukau bisa dikatakan tertarik akan sebuah cerita berat namun ringan.
Sejarah POLITIK yang berkecamuk pada tahun '65 adalah akar dari kebobrokan bangsa Indonesia, porak poranda negri ini dan ketakutan serta hidup tak tenang selalu membayangi para lakonnya di masa itu. Beberapa hal yang saya tangkap dari membaca novel ini adalah :

  • kejadian kejam dan mencekam 30 september'65
  • tugas wartawan yang sangat berat sampai mencelakakan seluruh bagian keluarganya
  • cinta segitiga masa lalu Dimas, Surti dan Hananto
  • persahabatan suci antara empat pilar tanah air
  • drama keluarga
  • perbedaan budaya Paris dan Indonesia
  • cinta tanah air 
  • membangun cita di negri orang
  • perkawinan beda negara
  • percintaan Lintang ( anak perempuan Dimas suryo) dengan Alam dan Narayana
  • sikap memilih yang sepaptutnya dimiliki oleh sang pelakon
Dari beberapa hal itu yang menurut saya paling menarik adalah  sebuah persahabatan dan percintaan dari sang Lintang Utara, sedangkan untuk kejadian kejam 30 september '65 membuat saya tak ingin mengingatnya namun tetap melekat bayangan betapa kejam tindakan mereka terhadap korban dan keluarga tapol. Aroma cengkih dan kunyitnya terasa menyengat di hidung saat saya membacanya sungguh penggambaran yang sukses untuk membuat pembaca memasuki alam bawah sadar mereka.

Disamping itu entah mengapa saya teringat kamu, jelas sama sekali tidak ada hubungannya dengan novel ini namun ada ruang kosong dimana sangat jelas gambarannya dengan hubungan kita saat ini. Mungkin aku harus menerapkan kalimat ini dalam benakku " onne voit bien qu'avec le coeur"
Aku bahkan masih ingat bagaimana aroma keringatmu saat itu and I missing you here so badly.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar