only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Dan untuk yang Pertama ( Catatan Harianku di Krakatau Writing Camp Part III )

Krakatau I'm Comiiinggggggg!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
AKhirnya dengan keteguhan dan semangat yang menjulang tinggi akupun sampai di titik itu. Titik dimana para pendakipun melepaskan segala keriangan mereka karena sudah sampai diatas sana. Sebenarnya itu bukanlah puncak dari gunung Krakatau itu, melainkan hanya titik aman untuk para pendaki menghentikan pendakiannya karena gunung itu masih aktif. Terlihat pula asap yang masih mengepul dari mulut gunung itu, setidaknya akupun melepas kegembiraanku disana.

Seakan tak bisa menahan diri kamipun langsung mengabadikan semua moment-moment itu, moment dimana kami telah menyelesaikan pendakian ini.

Rasa syukur kami kepada sang Maha Kuasa yang telah memberikan kami tenaga dan semangat sehingga kami bisa mendaki bersama dan mengabadikan ini untuk bisa di ceritakan kepada anak cucu kami kelak.

Setelah selesai berfoto-foto ria, kamipun turun kembali menyusuri tapakan jejak pasir yang licin itu, semangat masih tetap berkobar. Jalanan turun lebih terasa ringan namun berbahaya, seakan kita bisa berseluncur dalam padang pasir itu.ketika itu akupun turun dengan Bang Gol a Gong, dan tak lupa akupun berfoto dengannya :D

Masih ingat saat itu bang Gol a Gong bilang " Backgroundnya saya , ahahahaaa... iya bang kapan lagi saya bisa berfoto dengan background sang penulis ternama di indonesia" dan tawa legak itupun menyeruak di antara kami, dia hanya mengucapkan " Amiiiinnnn "

Perutku memanggil-manggil seraya ingin di lemparkan nasi, sarapan yang disediakan itupun langsung aku lahap. Tetapi sayang sekali dikrakatau itu tidak ada air bersih, hanya untuk cuci tanganpun sepertinya mereka memakai air laut. Yaaahhhh apa boleh buat seorang backpacker sejati tidak boleh layu!!!!!!!!! hanya karena masalah sepele seperti ini, harus bisa susah dan menikmati perjalanan seadanya dengan cara tersendiri maka itulah yang di sebut Backpacker sejati.
Setelah selesai menikmati sarapan dengan laut telur dan kerupuk yang nikmat itu kamipun segera melanjutkan perjalanan ini, menuju Laguna cabe itu yang dikatakan para snorkler yang tidaka akan sabar untuk mengeksplor dunia bawah laut. Tidak jauh jarak yang di tempuh dari Krakatau menuju Laguna, mungkin hanya sekitar 20 menit kami sampai, dan para snorkler itu langsung saja terjun untuk cepat bertemu dengan sang nemo!!! :D

Sayang sekali aku hanya bisa melihat mereka asyik snorkling, sedangkan aku hanya duduk diam di pinggir kapal itu, ahhhhhhhhhhhhhh terbesit dalam anagan ini kenapa saat itu periodku datang yahhh... aku ingin sekali seperti mereka yang bisa menikmati alam bawah laut. Tapi yasudahlahhh... melihat tawa mereka pun aku ikut bahagia.

Hampir 2 jam kami berada di laguna, setelah itu kamipun segera kembali ke penginapan untuk segera mengemas perlengkapan kami, karena hari itupun kami akan meninggalkan keindahan di pulau ini. Sesampainya di dermaga pulau sebesi aku beserta temanku langsung menyantap makan siang kami, karena kami tahu pasti mereka yang dahulu sampai di penginapan akan segera berebut kamar mandi!! Hahaha ,,,,,
Setelah makan siang itu kamipun pulang ke penginapan dan ternyata benar mereka saling menunggu kamar mandi.. yasudahlahhhh.... aku kan sudah makan siang jadi santai menunggu giliranku.

Jam 3 kami meninggalkan kepulauan itu, berat rasanya untuk meninggalkan semua keindahan itu tapi kami harus tetap kembali untuk bertemu orang-orang yang disayang. Sekitar 1 jam kamipun sampai di dermaga Canti dilanjutkan langsung naik angkutan umum yang di namakan Angkot menuju pelabuhan Bakauheni. Selama perjalanan itu legak tawa tak bisa di bendung lagi karena ulah 3 master kita yaitu : Bang Efri, teh Reno, dan Teh siapa yak aku lupa namanya ( punten nya teteh :( ) ahahhaaa..
Dimulai dari burung ababil, sampai nikah dengan orang yang usianya lebih tua dengannya ( Bisa di katakan Poligami antara dia dan istrinya ," best judul nih kayaknya) ckckckkckkk....

Perjalanan jauh itupun tak terasa karena cerita-cerita konyol itu, kami menaiki angkot yang pertama, berjalan mulus menyusuri jalanan itu. Kamipun melewati jalanan yang terkenal dengan namanya Trans Lampung!!! Ohh shit......................
itu dekat dengan Padang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
dalam hati seraya berkata aku bisa menyusulmu uda..... dekat jarak kita saat itu, namun aku juga sadar saat itu bukan uda yang disampingku melainkan dia yang selama ini menjagaku, terimakasih ya :)

Waktu berlalu tanpa disadari kamipun sampai di pelabuhan Bakauheni itu, sekitar hampir Maghrib kami sampai disana, menunggu kawan yang lainnya kami duduk santai di depan loket utama agar mereka mudah menemukan kami. Sayang sekali saat itu angkot kami tidak berhenti untuk sekedar membeli oleh-oleh khas lampung :'(

Satu jam kemudian semuanya kumpul dan kamipun langsung masuk dan menaiki dermaga itu menunggu kapal yang akan mendarat. Tidak lama kemudian kapalpun datang mendarat, kami mengantri untuk memasukinya.

Inilah tampang dan muka para Travellers sejati kita yang sudah terlihat lelah namun tetap semangat.

Kami duduk di sekitar pinggir kapal itu, bercanda bersama mengenang pulau yang sudah kami tinggalkan itu, berharap suatu saat nanti kami dipertemukan kembali dimana kami dipertemukan saat itu.

Saat itu aku pun langsung tertidur, tidak kuat lagi rasanya karena sebenarnya sudah dari kapal menuju dermaga canti itu peurku mual serasa ingin muntah namun ku tetap bertahan agar tidak merepotkan siapapun. Aku tertidur di jaga olehnya, yaaahhhh.... He is my guardian angel.

Matapun terbuka sesaat karena suara gaduh dari orang-orang dan ternyata kamipun sudah sampai di dermaga pelabuhan Merak!!!!!!!!!!!!!!! Ayooooo pulang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! aku sudah MUAK dengan Laut!!! Sudah Kenyang menaiki Kapal!!!! Tak sabar ingin ku ciumi daratan itu, menghirup sesaknya debu-debu dari kendaraan umum, ahhhhhhhh sungguh hardly can't wait.

Sekitar setengah 11 malam kami sampai di pelabuhan merak, kami berkumpul bersama merundingkan dimana dan siapa rekan kami pulang karena perjalanan ini masih panjang, aku ikut dengan dia ke rambutan bersama 3 kawan lainnya yaitu : Ilyas, teh Gita, dan abang satunya lagi aku lupa namanya hehehehhe maaf ya bang :D
Setelah selesai semua kami saling berpamitan, bersalaman dan mungkin hampir menangis saat itu, kapan lagi kami akan bertemu dalam suasana seperti ini, mungkin tahun depan mudah-mudahan kami di beri umur untuk di pertemukan kembali. Amiinn..............

Tepat pukul 2 pagi kami sampai di rambutan, Ilyas beserta temannya itu entah kemana, saat itu kami hanya tinggal bertiga: aku, dia dan teh gita. Kami sepakat untuk mengantarkan teh Gita ke masjid di terminal rambutan dulu karena saat itu Bus yang seharusnya dia tumpangi belum ada dan harus menunggu sampai jam 6 pagi maka diapun menginginkan menunggunya di Masjid.

Andai saja terminal ini sepi seperti ini di tengah hari mungkin aku akan lebih sering menggunakan  jasa Terminal ini. Setelah itu kamipun langsung naik angkutan umum 121 menuju Cileungsi, sebenarnya sih takut jam segitu naik angkot tapi kan ada dia yang akan menjagaku :D
( Jangan coba-coba deh kalo cewek sendirian naik angkot jam segitu berbahaya!!! )
Satu jam kami sampai di Cilengsi.......
Alhamdulillah.........................................
sampai juga di tempat tercinta ini....................
aakhhhhhhhhhhhhhhhhh..... Bau kamar yang selama ini kurindukan...
Tiada lagi bau kapal, ataupun riakan gelombang air laut yang sungguh membuatku ingin muntah.

SELESAI DAN TIDUR

Nb: Perjalanan ini menyisahkan kerinduanku pada si umang yang menawan,lembutnya si sebuku juga memanggilku untuk kembali, yaahhhh mungkin lain kali aku akan kesana lagi. Terimakasih kepada seluruh Travellers, terutama terimakasih kepada bang Gol a Gong yang memberikanku banyak inspirasi untuk semangat lagi belajar menulis. Terima kasih juga kepada teh nurul diam-diam kau telah menyematkan janji, janji hatiku untuk bisa sepertimu, meng-Eksplor seluruh Nusantara, mungkin akan ke luar Indonesia aku harap begitu :D