only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Individu Keluarga dan Masyarakat

 SoftSkill
Juju Jumaroh ( 13612984)
2 SA01


Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan-Nya yang lain, manusia di beri akal pikiran yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya, selain itu sifat manusia itu unik, yaitu mereka bisa bersifat indivu dan sosial.

1. Pertumbuhan Individu

A. Pengertian Individu

Individu berasal dari kata "Individuum" yang artinya "yang tak terbagi" individu bukan berarti manusia sebgai suatu keseluruhan yang tak terbagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan. Dapat disimpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik darinya. Individu dalam bertingkah laku menurut pola pribadinya ada tiga kemungkinan yaitu : menyimpang dari norma kolektif, kehilangan individualitas atau takluk terhadap kolektif, dan mempengaruhi masyarakat seperti adanya tokoh pahlawan atau pengacau.

B.Pengertian Pertumbuhan

Menurut pendapat para ahli pertumbuhan itu ialah suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan lebih dewasa. Perubahan ini pada lazimnya disebut dengan istilah proses.

C. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Beberapa Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan itu di antaranya adalah :
1. Pendirian Nativistik, bahwa pertumbuhan individu itu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.
2. Pendirian Empiristik dan Environmentalistik, pendirian ini berlawanan dengan nativistik, bahwa pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali.
3. Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme, interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4. Tahap Pertumbuhan Individu berdasar psikologi,pertumbuhan individu sejak lahir sampai masa dewasa atau masa kematangan itu melalui beberapa faktor sebagai berikut :

  • Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun.
  •  Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun
  • Masa intelektual dari kira-kria 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14
  • Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20 – 21 tahun
2. Fungsi Keluarga

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga pada umumnya diketahui terdiri dari seorang individu ( suami) individu lainnya (istri) yang selalu berusaha menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama. Biasanya terdiri dari suami, istri, dan anak-anaknya. Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun terjun langsung secara individual di masyarakat. Ki Hajar Dewantoro sebagai tokoh pendidikan berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.

A. Pengertian Fungsi Keluarga

Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau oleh keluarga itu. Pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh keluarga itu dapat digolongkan kedalam beberapa fungsi yaitu:

  1. Fungsi Biologis
  2. Fungsi Pemeliharaan
  3. Fungsi Ekonomi
  4.  Fungsi Keagamaan 
  5. Fungsi Sosial
 3. Pengertian Masyarakat

Drs. JBAF Mayor Polak menyebut masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektivita-kolektivita serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas kelompok-kelompok lebih baik atau subkelompok. Kemudian Prof.M.M Djojodiguno berpendapat bahwa masyarakat adalah suatu kebulatan daripada segala perkembangan dalam hidup bersama antara manusia dengan manusia. Jelasnya Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma,adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.

4. Hubungan antar Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Kodratnya manusia itu adalah sebagai "makhluk sosial" bukan makhluk individu karena manusia saling membutuhkan bantuan manusia lainnya dalam menjalankan kehidupan mereka. Manusia berhubungan dengan manusia lainnya itu berarti sedang mengadakan hubungan dengan alam sekitarnya, khusunya masyarakat. Maka dari kegiatan antar individu itu terbentuklah kelompok dan kelompok inilah yang disebut masyarakat.

contoh hubungan antar individu, keluarga dan masyarakat yaitu misalkan kita hidup di suatu tempat dimana sedang diadakannya suatu pembangunan maka sebagai manusia yang ada disekitarnya patutlah kita membantu acara tersebut, dengan adanya interaksi antara individu dengan individu lainnya maka terbentuklah kelompok dan itulah cara yang dijalankan masyarakat serta perasaan menolong itu timbul dari rasa kekeluargaan mereka sebagai makhluk individu.

5. Urbanisasi

 Menurut Schor, pengertian urbanisasi mengandung arti yang bermacam-macam, antara lain:
a.    Arus pindah ke kota
b.    Bertambah besar jumlah tenaga kerja nonagraris di sekitar industri dan sekitar jasa
c.    Tumbuhnya pemukiman menjadi kota
d.    Meluasnya pengaruh kota di daerah pedesaan memengaruhi segi ekonomi, sosial kebudayaan, dan psikologi.

Proses Urbanisasi boleh dikatakan terjadi diseluruh dunia, proses urbanisasi sendiri dapat terjadi dengan lambat maupun cepat. Proses tersebut terjadi dengan menyangkut dua aspek, yaitu :
  • Perubahannya masyarakat desa menjadi masyarakat kota
  • bertambahnya penduduk kota yang disebabkan oleh mengalirnya penduduk yang berasal dari desa.
Sebab- sebabnya Urbanisasi itu adalah :
  • Daerah yang termasuk menjadi pusat pemerintahan atau menjadi ibu kota ( contohnya seperti Jakarta)
  • Tempat tersebut letaknya sangat strategis sekali untuk usaha perdagangan/perniagaan.
  • Timbulnya industri di daerah tersebut yang memproduksi barang-barang maupun jasa.

Sumber :  

http://blogbelajar-pintar.blogspot.com/2013/06/pengertian-urbanisasi.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar