only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kebudayaan dan Kepribadian

Softskill
Ilmu Sosial Dasar
Juju Jumaroh ( 2SA01)
NPM 13612984

A. Pertumbuhan dan Perkembangan Kebudayaan di Indonesia

1. Zaman batu sampai zaman logam

Salah satu sejarah peradaban kebudayaan di Indonesia di tandainya dengan zaman batu, upaya para peneliti sejarah peradaban bangsa Indonesia di mulai dari zaman batu sampai zaman logam, namun di sini tidak akan di bahas seluruhnya karena akan sangat panjang pembahasannya. Berdasarkan pendapat-pendapat para ahli prehistoris, ternyata zaman batu itupun terbagi dalam :
- Zamana batu tua ( palaeolithikum), alat-alat yang ada pada zaman ini berupa : kapak genggam karena pada zaman ini peralatan masih kasar-kasar.
- Zaman batu muda ( neolithikum), dalam zaman ini kehidupan manusia sudah mulai mengenal bertani, beternak serta mulai hidup menetap, manusia pada zaman ini pun memiliki kepandaian mengecor/mencairkan logam dari biji besi dan menuangkannya pada cetakan-cetakan yang mereka buat untuk  membuat senjata berburu serta alat-alat lain yang mereka perlukan untuk bertahan hidup.

Bersamaan dengan persebaran kapak-kapak batu itu tersebar pula bahasa Proto Austronesia yaitu merupakan cikal atau induk bahasa pada zaman itu. Setelah itu masuk pula bahasa Melayu yang kemudian menjadi bahasa indonesia sebagai bahasa resmi, bahasa kesatuan Republik Indonesia.

B. Kebudayaan Hindu, Budha, dan Islam

 1. Kebudayaan Hindu dan Budha

Pada abad ke-3 dan ke-4 agama Hindu masuk ke Indonesia, khususnya Pulau Jawa,perpaduan atau akulturasi antara kebudayaan setempat dengan kebudayaan, hindu sendiri berasal dari India sedangkan agama Budha masuk pada abad ke-5 dan dapat dikatakan bahwa Budha lebih berpandangan maju daripada Hinduisme pada saat itu sebab Budhaisme tidak menghendaki adanya kasta-kasta dalam masyarakat. Baik penganut Hinduisme maupun Budhaisme mereka saling hidup damai dan melahirkan karya-karya budaya yang bernilai tinggi dalam seni bangunan/arsitektur, seni pahat, seni ukir maupun seni sastra. Seperti tercermin dalam bangunan, relief-relief yang diabadikan dalam candi-candi di pulau Jawa, contohnya :mcandi Borobudur, candi mendut, candi prambanan,kalasan, dan masih banyak yang lainnya.

2. Kebudayaan Islam

Pada abad ke-15 dan ke-16 agama islam masuk ke Indonesia dan dikembangkan oleh para pemuka-pemuka islam yang disebut Wali Sanga. Titik sentral penyebaran agama islam saat itu adalah di pulau Jawa. Agama islam berkembang sangat pesat di Indonesia dan menjadi agama yang mendapat penganut sebagian besar penduduk Indonesia, tak dapat dipungkiri lagi bahwa agama islam memberi saham yang sangat besar kepada perkembangan kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.

C. Kebudayaan Barat

Tak lepas dari sejarah perkembangan kebudayaan di Indonesia bahwa kebudayaan baratpun  mempengaruhi peradaban kebudayaan bangsa Indonesia yang dimulai dari dulu semasa penjajahan terutama bangsa Belanda, biasanya disebut dengan kebudayaan Eropa, masuknya ajaran agama katolik dan protestan pun memperkaya akan budaya di Indonesia.

Kebudayaan dan Kepribadian

Devinisi KebudayaanSecara etimologi, kata kebudayaan berasal darikata sangsekerta buddayah yang merupakanbentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budiatau akal, dengan kata lain kebudayaan diartikansebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal. Sedangkan beberapa definisi kebudayaan menurut para ahli adalah :
1. E.B. TAYLOR Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, moral, hukum, dan adat istiadat.
2. HERSKOVTAS Kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.
3. KOENTJARANINGRAT Kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar. 
4. KI HAJAR DEWANTARA Kebudayaan merupakan buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.
5. SELO SOEMARDJAN DAN SOELEMAN SOEMARDI Kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa dan cipta manusia. 


Kebudayaan berkaitan dengan kepribadian dari manusia itu sendiri,dari kepribadian itu maka lahirlah kebudayaan. Kepribadian diri yang baik akan mewujudkan kebudayaan yang baik pula begitupun sebaliknya. Kita tahu sendiri bahwa kepribadian bangsa Indonesia di mata Internasional adalah Keramah-tamahan orang-orang kita dalam menyambut orang luar yang berkunjung di negar kita, bukan hanya itu saja, bangsa kitapun suka menolong sesama dan juga masih membudayakan gotong royong dalam melakukan apapun. Sifat kepribadian berakar dari adat istiadat dan agama pada suatu kelompok masyarakat dapat dikukuhkan sebagai hukum adat, diluar itu ciri-ciri kepribadian suatu kelompok masyarakat/bangsa juga tercermin dalam penampilan sikap hidup sehari-hari.


Sumber :
http://www.slideshare.net/daddhy04/kebudayaan-dan-kepribadian-17942501
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar