only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemuda dan Sosialisasi

Softskill
Juju Jumaroh ( 13612984)
2SA01

A. Pengertian Pemuda
 

Masa remaja adalah masa tarnsisi dan secara psikologis sangat problematis , masa ini memungkinkan mereka berada dalm anomi (keadaan tanpa norma atau hukum , red) , akibat kontradiksi norma maupun orientasi mendua.
Dalam keadaan demikian , seringkali muncul perilaku menyimpang atau kecendrungan melakukan pelanggaran . kondisi ini juga memungkinkan mereka menjadi sasaran pengaruh media massa.

Peran Media Massa

ciri-ciri menyebabkan kecendrungan remaja melahap begitu saja arus informasi yang serasi dengan selera dan keinginan sebagai penapis informasi atau pemberi rekomendasi terhadap peasn-pesan yang di terima kini tidak berfungsi sebagai sediakala.
Perlu di Kembangkan

Dari artikel ( Harian kompas, hari senin tanggal 11 februari 1985 tentang Seminar Tentang Remaja)t dapat disimpulkan bahwa masalah kepemudaan dapat di tinjau dari asumsi yaitu :

1.penghayatan mengenai proses perkembangan bukan sebagai suatu kontinum yang sambung tetapi fragmentaris , terpecah-pecah , dan setiap fargmen mempunyai artinya sendiri-sendiri.
2.posisi pemuda dalam arah kehidupan itu sendiri .tafsiran-tafsiarn klasik didasarkan pada anggapan bahwa kehidupan mempunyai pola yang banyak sedikitnya.
B. Pemuda dan Identitas

Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan , terutama dari generasi lainya.hal ini dapt dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus , generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.
Potensi Pemuda

a.Idealis dan daya kritis : secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada , maka ia dapat melihat kekurangan-kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru.
b.dinamika dan kreatifitas.
c.keberanian mengambil resiko
d.optimis dan kegairahan semangat
e.sikap kemandirian dan disiplin murni
f.terdidik
g.keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
h.patriotismedan nasionalisme
i.sikpa kesatria
j.kemampuan kekuasaan ilmu dan teknologi. 

Permasalahan Generasi Muda: 

a. Dirasa menurunnya jiwa idealisme,patriotisme,dan nasionalisme dikalangan masyarakat termasuk generasi muda
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c. Belum seimbangnya antar jumalh generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia baik yang formal maupun nonformal.
d. Kurangnya lapangan kerja/kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran dikalangan generasi muda.
e. Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan dikalangan generasi muda.
f. Masih banyaknya perkawinan dibawah umur, terutama dipedesaan.
g. Pergaulan bebas yang membahyakan.
h. Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika.
i. Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.

Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan
Generasi Muda

Maksud dari pola pembinaan dan pengembangan generasi muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaanya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu. Serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud.

Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan :
  1. Landasan idiil : Pancasila
  2. Landasan konstitusional : UUD 1945
  3. Landasan Strategis : Garis-garis besar haluan negara
  4. Landasan historis : Sumpah pemuda tahun 1928 dan Proklamasi kemerdekaan
  5. Landasan normatif : etika, tata nilai dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat
C. Sosialisasi
Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuain diri bagaimana bertindak dan berfikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Melalui proses sosialisasi, individu (pemuda) akan terwarnai cara berfikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya dengan proses sosialisasi, individu menjadi tahu bagaimana yang seharusnya dia lakukan di tengah masyarakat dan lingkungan budayanya.
 Tujuan Pokok Sosialisasi
  1.  Individu hatus di beri ilmu pengetahuan ( ketrampilan) yang dibutuhkan.
  2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
  3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
  4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khusunya dan masyarakat umunya.

 D. Perguruan dan Pendidikan

 Kaum muda memang betul-betul merupakan suatu sumber bagi pengembangan masyarakat dan bangsa, oleh karena itu pembinaan dan perhatian khusus diberikan bagi kebutuhan dan pengembangan potensi mereka. Pembinaan sedini mungkin difokuskan kepada angkatan muda pada tigkat SLTP/SLTA, dengan cara penyelenggaraan lomba karya ilmiah,atau seminar-seminar yang sekiranya mendidik mereka untuk menjadi generasi muda bangsa yang berpotensi. Namun demikian tidak dapat disangkal bahwa kualitas sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan dalam proses pembangunan. Masalah pendidikan bukan saja masalah pendidikan formal, tetapi pendidikan membentuk manusia-manusia membangun. Untuk itu maka diperlukan adanya perubahan secara mendasar dan mendalam yang menyangkut persepsi, konsepsi serta norma-norma kependidikan dalam kaitannya dengan cita-cita bermasyarakat pancasila.

Faktor yang sangat penting dalam pembangunan dewasa ini adalah :
  1. Semakin banyaknya manusia yang membutuhkan pendidikan 
  2. Semakin bervariasinya mutu pendidikan yang diharapkan oleh mereka.
 
study kasus:

     Pemuda adalah seseorang yang berpikir bahwa segala hal harus berubah menjadi lebih baik, namun mengetahui bahwa dirinyalah yang harus lebih dulu diubah. Pemuda adalah seseorang yang berpikir bahwa tidak ada yang tidak bisa ia lakukan demi sebuah perubahan kearah yang lebih baik. Pemuda adalah seseorang yang tahu bahwa dipundaknyalah tugas menjaga diri, keluarga, kampung halaman, negara dan agama diletakkan. Tetapi diatas semua itu, Pemuda adalah seseorang yang bertindak dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab dalam melaksanakan itu semua. Karena jika hanya berada di tataran pemikiran tanpa dilanjutkan dengan tindakan atau karya nyata maka dunia tidak akan berubah.
Pendapat/opini 
Kita sebagai pemuda harus sadar dimana potensi kita dan kesadaran kita tentang apa tugas kita sebagai pemuda. Mengenali jati diri kita sendiri dahulu itu yang paling penting, dengan mengenalnya diri kita sendiri maka kita tidak bingung atau tidak akan tergoyahkan oleh kebudayaan lain yang akan menarik kita ( pemuda) ke hal - hal yang tidak baik. Sebagai pemuda juga kita harusnya sadar akan tugas kita di masyarakat, bukan hanya hidup untuk diri sendiri melainkan membantu masyarakat dengan ilmu yang kita dapatkan di tempat pendidikan. Menghindari segala macam kekerasan antar pemuda dan menggalih potensi diri lagi supaya dapat berkarya lebih baik lagi.

Sumber :

http://jamalfirdaus.blogspot.com/2010/11/pemuda-dan-sosialisasi.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar