only zumar. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Lion air owhhhhh Lion air..........................

Ini pengalaman pertama saya mengurusi pergantian jadwal penerbangan salah satu costumer saya yang memakai pesawat Lion Air.
Ketika costumer saya meminta untuk di pindahkan tanggal penerbangannya saya sempat bingung harus bagaimana, karena memang belum pernah mengurusi bagian seperti ini, kemudian saya tanya kepada agent pusat travel saya dan mereka mengatakan bahwa saya harus telpon call center Lion Air nya langsung di no : 021 63798000, sesaat saya berfikir kenapa tidak saya meminta bantuan dari pusatnya? kenapa mereka malah menolaknya dan menyuruh saya untuk mengurusinya sendiri, memang PAYAH banget tuh dah managementnya membuat para agent di bawahnya susah dan di bawah tekanan!!!
Ok, that's not what I talking about, setelah di pikir lagi buat apa saya telpon call centernya?? di samping susah untuk menelpon call centernya juga akan memakan banyak pulsa, dan saya akan rugi banyak itu!!!
Proses ketika kita akan mengganti jadwal penerbangan Lion Air adalah :
1. telpon call centernya
2. menunggu lama, sediakan pulsa yang banyak ( lebih baik lagi jika anda memakai telpon rumah karena biaya akan lebih murah)
3. Tanyakan dengan siapa anda bicara bila perlu catat nama pegawai Call center  Lion Air nya.
4.Anda akan di tanyakan nama anda, kode booking, dan apa yang akan anda ganti ( seperti : tanggal, jam, atau rute perjalanan)
5. pastikan lagi reservasi yang di bacakan oleh pegawainya, bila perlu catat!
6. Tanyakan berapa administrasinya dan jangka waktu pembayarannya ( biasanya Lion air akan meminta anda untuk membayarnya langsung di kantor pusat)
7. Jangan lupa membayar administrasinya dalam jangka waktu yang telah di tentukan.
8. Ketika hendak Check-In anda harus datang lebih awal jangan sampai telat!

saya putuskan untuk tidak telpon call centernya dan langsung menuju kantor pusatnya yaitu di jl. gajah mada, jakarta pusat tepatnya dekat dengan halte busway harmoni. Jika anda berada di kawasan depok maka anda bisa memakai jalur yang saya gunakan yaitu dengan memakai jasa kereta api untuk mengurangi kemacetan kota Jakarta: Dari stasiun Pondok cina saya membeli tiket KRL dengan tujuan turun di stasiun Juanda, setelah sampai di stasiun Juanda berjalan lurus menuju arah pintu keluar saya langsung menemukan jembatan busway, maka saya putuskan untuk menaiki busway dengan tujuan ke Harmoni ( Juanda-pecenongan-harmoni) oh iya biaya KRL dari Pondok cina ke Juanda adalah Rp.3500, sedangkan dari halte busway Juanda ke Harmoni Rp.3500 juga, dari halte harmoni maka saya berjalan mengambil arah kanan dan keluar menaiki jembatan busway, dari atas jembatan itu sudah langsung terlihat menara tower Lion Air ( ambil arah kiri jalan) lurus saja dari turunnya jembatan busway.

Memasuki Menara Tower Lion Air yang sungguh besar itu menurut saya sedikit membingungkan, segeralah tanyakan apabila anda ingin melakukan apapun di sana , jangan asal mendatangi kursi yang berhadapan dengan pegawai Lion Air nya langsung karena mereka sudah ada bagiannya masing-masing. Untuk bagian perubahan jadwal penerbangan anda bisa langsung lurus dari arah pintu utama itu menuju ke sudut paling pojok maka disitulah tempatnya. Segera saya langsung menanyakan kepada pegawainya itu, pertama ketika kita akan merubah jadwal penerbangan itu kita akan di tanyakan kode bookingnya dan dia akan membacakan reservasi ulangnya kembali dan sampaikanlah maksud kita yang jelas kepada pegawai itu.

Pada saat itu saya akan mengganti jtanggal penerbangan yang awalnya dari tanggal 07 agustus di majukan ke tanggal 29 Juli, dan ternyata dari sistem Lion Airnya itu tidak bisa mengganti kelas untuk penerbangan tersebut, harus di samakan kelasnya, awalnya saya berfikir untuk mengganti kelasnya agar lebih murah tapi ternyata tidak bisa, dan saya harus membayar administrasinya sebesar 98.400Rp, untuk sekedar info disana mbak-mbaknya menurut saya kurang begitu mengerti atau seperti bukan dalam bidangnya, ketika saya menanyakan berapa persen jika saya meng-cancel tiket tersebut dia malah kebingungan dan tidak tahu berapa persennya. Yahhhhh begitulahhh layanannya....
 saya meminta pindah kelaspun tidak bisa, untungnya tiket yang akan saya rubah tanggalnya itu masih dalam jangka 1 minggu keberangkatan maka administrasinya tidak terlalu membuat shock saya. Setelah proses yang bisa di katakan tidak lama namun juga membosankan itu saya di suruh mbak-mbak nya untuk bayar di kasir, di situ kita bisa membayar dengan Cash ataupun menggunakan kartu atm ( debit or kredit).Disana kita juga akan di bacakan ulang reservasinya oleh kasir dan di cetak tiket elektroniknya. Jangan heran kalau anda akan mendapatkan tiket elektronik yang hanya print-an biasa dan kelihatan tidak menarik sekali, tampilannya beda dengan e-tiket yang biasa kita dapatkan.
Setelah selesai bayar di kasir saya pun mengeceknya kembali ( INGAT !!! HARUS DI CEK LAGI SEBELUM MENINGGALKAN KANTOR PUSAT ITU KARENA MEREKA TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB KETIKA KITA SUDAH MENINGGALKAN TEMPAT ITU) jaga hati-hati tiketnya dan perhatikan dengan Detail semuanya, Jadwal, tanggal, bulan, nama penumpang dan Flight nya.

Sepulangnya dari Kantor pusat Lion Air saya kembali ke halte Busway harmoni dan menuju ke stasiun halte busway Juanda lagi, jika anda ingin ke halte busway Juanda maka anda harus mengambil jurusan ke PGC, dari masuk arah jembatan Busway harmoni itu lurus saja, pokoknya paling ahir sebelah kanan arah PGC cililitan. Turun di juanda dan melanjutkan perjalanan lagi dengan kereta api tujuan pondok cina arah yang ke Bogor.
Selesai lah perjalana  hari ini, saya harap costumer saya nanti akan selamat dan tidak ada masalah lagi dengan semua yang berhubungan dengan LION AIR.

nb: semoga Lion Air bisa menjadi lebih baik lagi.
ketika anda menjadi salah satu anggota atau cabang dari travel agent anda maka anda harus bisa mengurusi semuanya sendiri, jangan pernah mengandalkan kantor pusat anda bekerja, karena mereka tidak akan membantu.

BERJUANG LAH DAN JANGAN PERNAH MENYERAH

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Syamsu Rizal mengatakan...

Terimakasih informasinya sangat membantu

Acong Rizel mengatakan...

Terima kasih infonya Bro/Sis

Posting Komentar